Coretan Online Ku

Sabtu, 18 Januari 2014

ANAK YATIM DAN DHUAFA

Abi dan Umi

      ANAK YATIM DAN DHUAFA
 Karya Abi Endang


  Senang hati rasanya ketika kita melihat orang yang kita sayangi bahagia, kemarin tanggal 18 Januari 2014 anak-anak ku mendapatkan Piala dari Sekolahnya, yang mengadakan lomba dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W, setelah mengikuti serangkaian perlombaan ternyata tiga dari delapan anak-anak ku yang sudah sekolah meraih piala lomba tersebut.
       Aku adalah ketua Asrama Anak Yatim dan Dhuafa di Yayasan Sahabat Yatim Cab.Balikpapan, tugas ku adalah mengurus anak-anak asrama di yayasan ini. ada 10 anak yang aku urus termasuk 4 anakku sendiri,
        Kemarin hari sabtu, tepatnya pagi hari sekitar pukul 05:30, isteriku yang lebih akrab di panggil BUNDA sudah bergegas memasak nasi dan lauk pauknya, tapi tak seperti biasanya, kalau pagi hari hanya menyiapkan hidangan untuk menu sarapan pagi sekarang menunya seperti untuk menu makan siang, karena ternyata anakku semua di beri tugas dari sekolah untuk memebawa nasi kotak yang masing-masing harus membawa dua kotak nasi, jadi pagi itu istriku super repot memasak untuk 16 kotak nasi.
         Ba'da Shalat Subuh Istriku langsung ke dapur seraya menyapa ku :
" Bi, anak-anak bangunin ya Shalat Subuh, Trus siapin pakaiannya!
" Ya, jawab ku sambil tersenyum melihat raut wajah serius istriku,
Lalu aku pun bergegas membangunkan anak-anakku,
" Bangun-bangun, dah subuh!
sambil tangan ku mengetok-ngetok pintu, malum memang anak-anak ini kadang pada susah di bangunkannya. kadang aku harus membangunkan dengan nada suara yang tinggi, bahkan harus berteriak..
" Heh pada bangun dah siang! Isro bangun kamu! malas banget kamu ya!
 satu persatu anak-anak ku bergegas bangun dan mandi untk shalat, sambil menunggu anakku  selesai aku menyiapkan baju gamis yang rencananya akan di pake ke sekolah,
" Firman kamu sudah shalat?
" Sudah Bi,
jawab anak ku Firman, dia memang bangun lebih awal dari yang lain.
" Kenapa emang Bi?
" Nih setrika baju Gamisnya, biar licin.
": Selimutnya mana Bi buat alas?
" emang kain sarung ga da? sbentar abi ambilkan.
setelah alas setrika sudah ada, firman pun menyetrika satu per satu baju gamisnya. aku sesekali melihat dia sedang menyetrika, dan sambil ngasih arahan untuk anakku yang lain.
" Pake tuh Anwar bajunya, bagus ga?
kebetulan memang baju gamis itu masih baru, minggu kemarin aku dan istriku beli baju gamis buat mereka. sambil senyum-senyum si Anwar memakai Gamis baru, setelah semua selesai pake baju, akupun ke dapur melihat kesiapan istrikuku,
" Mi gimana sudah siap nasi kotaknya?
" Tinggal bikin sambel bi,
" kira-kira jam berapa selesainya? biar saya sms in bu Firu kasih kabar buat anater anak-anak!
" jam berapa ya? setengah delapan kali bi!
jawab istriku sambil melihat jam dinding. aku pun langsung kasih kabar ke ibu Firu anak-anak berangkat jam setengah delapan, beliau adalah Dermawan yang sudah meminjamkan rumah yang kami tempati untuk Asrama, beliau pun yang setiap pagi mengantarkan anak-anakku berangkat sekolah, aku kagum melihat ke- Dermawananya,
Setelah sms ku di bales ok oleh ibu Firu, ku infokan ke anak-anak tentang keberangkatan sekolah, ketika itu mereka sedang asik bantu istriku mengemas nasi dan lauk pauknya ke dalam kotak nasi, kurang dari pukul  setengah delapan ternyata mereka sudah selesai mengemas, aku pun kasih kabar lagi ke bu Firu anak-anak sudah siap berangkat, jawaban "ya" balasan dari beliau.
" ayo berangkat, bu Firu sudah nunggu, pada bawa nasinya masing-masing, trus jangan miring bawanya, ntar tumpah,!
 Himbauan ku pada mereka, mereka pun berpamitan sambil bersalaman kepada ku dan istriku,
" Aku berangkat Bi?
Sapa mereka semua,
" ya, entar bunda nyusul pake motor ma abi!
sahut istriku juga.
setelah mereka berangkat, aku dan istriku merapikan dapur yang berantakan, lelah memang tapi aku harus datang ke sekolah memenuhi undangan dari sekolah.
" Sudah mandi mi?
" Sudah bi, abi dah mandi belum?
" sudah tadi subuh,
" ya sudah atuh, ko masih tiduran aja, pake baju ke kalo mau berangkat mah!
" ya ya,
jawab ku sambil ambil pakaian, rasa ngantuk hari itu memang terasa sekali, kebetulan memang badan ku kurang fit. setelah selesai kami pun berangkat, dan 10 menit perjalanan sampai lah aku di sekolahan.
" dah mulai belum mi ya acaranya?
" sdah kayanya, itu suara si Isro lagi marawis,!
" oh iya, cepet atuh,
aku pun bergegas sambil gendong anak ku yang paling kecil Tsaqifa, benar juga acara memang baru di mulai, dan anakku 4 orang, Isro, Firman, Arya dan Mitra punya tugas khusus yaitu tampil bermain Marawis di acara tersebut, salah satu guru menyambut kedatangan kami ber-2,
" silah kan ibu masuk,
sapa guru mempersilahkan Istriku masuk ke dalam mesjid, kami pun masuk dan duduk, aku dan istriku berjauhan duduk nya, sambil lihat anak ku pentas di kegiatan tersebut aku sesekali berfikir, apa saja agenda acara nya, ku ikuti dengan sabar walau mata ini terasa berat karena ngantuk,ketika MC membacakan susunan acara berikutnya, aku agak tertarik mendengarnya, dan rasa ngantuk pun mulai terasa hilang,
karena acara  itu pembagian hadiah buat kegiatan lomba, rasa penasaran semakin besar,
Mc umumkan untuk peraih Piala semua lomba, dan penasaranku berubah jadi kebahagiaan karena anak-anakku meraih piala itu,
-Isro juara ke-3 lomba pidato
-Arya juara ke-2 lomba kaligrafi, dan
-Nailan juara ke-2 lomba hafalan Quran,
senang hati ini melihat kegembiraan anak-anaku ketika menerima piala lomba itu, melihat mereka sedang menerima apresiasi atas prestasi yang mereka raih. Acara pun selesai, dan aku menyapa mereka untuk pulang,
setelah sampai di asrama aku pun memanggil mereka semua dan sambil menawarkan Ice cream yang ku beli ketika dalam perjalanan,
" Siapa mau Ice cream?
teriak ku ke anak-anak
" Aku Bi,
jawab mereka semua,
" Ni Ice cream apa?
tanya ku sambil mengeluarkan eskrim yang ku bawa
" Ice cream Magnum Bi..
jawab anak-anak serentak.
" Siapa Mau?
Tanya ku kembali
" Aku bi, aku bi,
" aku mau bi.
jawab mereka sambil menuju ke dekat ku
" Ice cream Magnum ini buat yang tadi dapat Piala.
sambil aku menyerahkan Ice cream magnum itu ke Isro, Nailan dan Arya,
" Yah abi,
jawab anak-anak yang lain yang ga dapat piala,
" kirain buat kita semua?
" Bagi yang berprestasi pasti dapat bonus dari abi, seperti kemarin yang dapat ranking di ulangan semester, tingkatkan terus prestasi kalian, siapa yang dapat prestasi pasti Abi dan Bunda akan selalu kasih kalian bonus.

Profil Penulis :
Nama : ENDANG.S
TTL   : Ciamis, 20 oktober 1983


   
        
           

         
         

0 komentar:

Posting Komentar